MEMORY ANAK PRIOK

Wilson Kanikir

antara th 84 s/d th 90an ada geng namanya BAPEGESIS (BAKTI-PERMAI-GELANGANG-SIMPANG-BUGIS)
Dedy Samoedra ada yang nyebut [Barisan Pemuda Gang Satu nol satu]..
 
Mata Hari
bis kota rute tj priok dulu:
PPD 60 Prio-senen via ancol
PPD 63 priok-senen-ps.baru
PPD 68 priok-kp melayu
PPD 43 priok cililtan
PPD 807 (klo ga salah) sampur senen
mayasari 50 priok p.gadung via rw mangun
mayasari 51 priok p gadung via klp gading
Yanni Libels Lupa ya ada Bis LL Muriasih ƗƗɐ.ƗƗɐ.ƗƗɐ.ƗƗɐ.ƗƗɐ.ƗƗɐ jurusan terminal Priok - Kramat Tunggak muter lewat jalan menteng - dukuh balik lagi Terminal Priok
 
Joe Michael
kalo taon 80 an sy biasanya suka makan danging burung belibis di jaya , muncang , & depan kilo tenggo tapi sekarang semua danging belibisnya sudah di ganti sama danging bebek
 

Yanni Libels Sejarah Tanjung Priok sungguh mengesankan , apalagi Saya yg besar di pelabuhan , dari usia 1 thn sampai 20 thn Saya selalu menyaksikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Priok maklum Bokap TNI AL jadi tugas dari pelabuhan Kali Baru sampai Tanjung Priok selalu Saya mengikuti perkembangan nya waaaah sangat berkesan

Wati Srihindarwati
wati tinggal di jl Enggano sekarang SUZUKI dari th 1951 n mendirikan sekolah SEKAR TANJUNG pasti bnyk yg sekol disana
 
Hendra Aja jamannya wkt STM pernah kebawa sampe ke Stasiun KOTA, besoknya lagi pas depan stasiun Ancol di rem sama anak2 hehehe...besoknya lg masinisnya udah paham kalo lwt situ...
 
 
Hendra Aja
sekedar bernostalgia..pompa kincir angin ini dulu pernah gw lihat di Semper sama di perempatan Jaya, sekarang bangkenya kemana ya??

 

Eros Yadie Ada juga di deket S Tirem , Warakas....

Hariyono 'onyon' Aja perempatan Jaya, Borpanas...

 

Alov Iman Aritonang
GW inget di belakang rmh rawa2 dan empang tempat mancing dan bermain cari ikan.tapi skrng udh jadi jlnnan beton tembus ke marunda.

Nenk Juni Iya Man..dulu wkt gw baru pindah ke kebantenan..daerah rumah gw masih empang..klo hujan penghuni empang pd kluar smua..a̐ϑα kodok..a̐ϑα jg ular..º°˚ĥέέ³³ĥέέ³³ĥέέ³³º°

 Sigit Indra Krisnanto

kangen sm suana kebantenan yg dl bnyk empangnya...skrg udah jd rmh semua...

Mata Hari
kejadian2 penting di tj priok:
-era 60an bentrokan besar antar suku di pelabuhan dan sekitarnya (maaf ga boleh nybutin nama sukunya)

-era 70an, di eera inilah priok mulai di takutin se jagad raya eh....se jakarta raya krn di jaman ini anak2 priok sering tawuran/bentrok dgn anak2 dari kawasan lain di jakarta, bahkan anak2 priok bentrok dgn anak2 berlan, matraman (anak kolong/ anak tni) yg waktu itu jg di takuti. Di era 70an setiap ultah kota jakarta selalu ada hiburan musik di bundaran HI kalo anak priok udah datang yang lain pada minggir.
 

Hamel Denny hwaaaa ... gw jg seneng baca komik di stasiun .. pernah cari senderan di gerobak buku komik. Lagi asik2 baca sambil nyender .. eh tu gerobak [*ada rodanye .. jalan !] .. nha gua celentang !!! wkwkwk .. malu banget dah ah .. diketawain org2 yg lagi baca juga ! nha .. gerobaknya berisik sekaliiii .. khan ada echo nya juga klo ngg salah tuu di dalem stasiun ! kupret dah !

Mata Hari
dulu gw pernah latihan kano di sampur ma temen2 sma, wktu itu gw kls 2 sma 45, sekarang tinggal kenangan coy sampur isinya petikemas, bahtera jaya udah kagak ada bekasnya juga

 

Dedy Samoedra

Gw jdi keingetan pasar koja lama, waktu masih sekolah teka di ajak jalan2 kepasar koja ama nyokap dari jalan jember 48,naek bus solobone, dasar anak2 liat sepeda mini pengen banget..ga di beliin, ampe guling2 didepan pasar.engkoh yang punya toko ampe bengong liat tingkah gw,.busyettt dah,,
 
Lydia Mulia
kalo bulan puasa, subuh2 jalan ke sampur.....pengen deh terulang lagi.
 

Susi Yani iya tuh deket bioskop taman sari yg di digul ya...di situ kan ada pasar namanya pasar ma' neno.....

 Susi Yani tinggal di cilincing tapi ada sodara di jl dairi I..jadi sering nginep situ...dulu aku kalo ke sampur naik beca dari cilincing bayangin jauh banget kan tapi angkutannya cuma itu.....

Susi Yani kalo ngomong soal sampur jadi inget gue waktu kecil kalo mau lihat laut gue naik pohon orang2 bilang itu pohon namanya pohon karet saking tingginya laut kali baru keliatan dari kebantenan tp kalopun sekarang pohon itu ada pasti udahnggak bakal keliatan soalnya udah ke tutup gedung2 tinggi.....

 Ferro Sambuari

yang namanya pantai sampur itu lagi tak pernah kulupakan, setiap malam jumat gak pernah aku absen selalu hadir dimlm jumaat karena hiburan gratis hehehe wts pada mandi telanjang cuci sampai bersih hehehe. Pernah kenangan dulu aku sampai di maki2 sama wts, karna ngintip sampai puas hahaha.
 
 Ambhiko Bayumurti
gw dulu sering nongkrong di kebon bawang 3 (dpn ramayana permai),bnyak temen gw di stu tp skrang dh ga tau di mana mreka skarang.my best friend haidir (kponakan bang sarif yg artis film laga kpala plontos,jengotan,body tinggi gede,sering jd peran antagonis di film warkop),where are u bro?pernah wktu tu gw nongkrong di d kb.bwang smbil gitar2n ada abang2n preman stu (gw lupa namanya) reques lagu ma gw (lgu space girl:viva forefvr klo ga salah)doi ngefans bgt ma tu lgu,so gw maenin dh.saking terharunya doi smpe bliin gw roko marlboro 1 bungkus n ucapn thx brat ma gw(reques lgu tu trus klo ktemu gw).Hikmah yg gw ambil,"dont judge a book from the cover"..."Tak knal maka tak sayang"...di balik kesangaran di stu ada klembutan...itu lh sdikit suggest dn gambaran ttng priok..BRAVO PRIOK..i miss that moment..
 
 Susi Yani
Pertama kali gue rasakan suasana priok yg ekstrem ketuika setelah nikah thn 92 gue di boyong suami pindah ke swasembada tadinya gue tinggal di kebantenan yg suasananya sepi kalo magrib tinggal suara kodok sama jangkrik, giliran di swasembada malemnya jam 2 malem ada orang mabok brantem depan rumah gue pake bawa2 golok duh... asli di situ gue gemeter trus paginya gue bilang kalo gue minta balik tapi di yakinin sama suami katanya lama2 jg ntar biasa eh bener sampe sekarang deh.....berarti cinta priok banget nih.......
 

 Ririn Meiriati Kalo skrg sama aja kebantenan dah rame n padat, cuma prilakunya msh baekan, aku kalo pulkam ga betah lama2, dulu wktu masa kcl halaman org2 msh luas tanpa pagar, phn mangga yg rindang... kita bisa lari2 maen benteng, galasin dll... ee.. skrg penuh dgn rmh full tanpa halaman, rasanya panas n sumpek...

Bambang Sugeng Budi Harjono Dulu gemetaran lihat orang beramtem bawa golok...skr sdh terbiasa ya...terang aja Jasa kan mantan preman...skr punya resto makan melulu....

 Susi Yani aku juga liat kebantenan sekarang sumpek dulu kita kalo maen di kebon2 mau jambu tinggal petik mangga singkong tinggal cabut tapi punya orag ha..ha....

 Ungke Marcel

Pondok Rasa jl gadang tmp yg asik untuk pacaran....
 
Wawan Wan
GUDANG BARU adalah tanah kelahiran gw dan pantai sampur adalah pantai tempat gw berguru ,dari berenang, bergaul, main bilyar main dayung ,pacaran main cewek danlain lain,jadi ga bakal gw lupain kenangan masa kecil gw dulu tinggal di gudang baru tanjung priok,gw bangga pernah lahir disana, karna di prioklah terlahir orang2 yang sekarang jadi orang pemerintahan,HIDUP Tanjung Priok
 

Joko Pujiantoro Pada inget jl sindang nggak ? dulu thn 80 an daerah ini adlh pasar air. Maksudnya banyak bak yg dibuka utk berjualan air. tukang air lalulalang mendorong gerobaknya utk dibawa kedaerah yg tdk dimasukin jaringan pipa air bersih

Joe Kalibato
Inget Priok......
Gw inget sama banjirnya................
Tahun 80an kalo banjir... aernya masih bening.... jadi bisa berenang................
tapi kalo sekarang banjirnya ............. aernya ............. sama kaya yang ngalir di kali sunter.................
 
 
 Damiati Ayu
Taman Sari.....klu nih bioskop muter film india...wuiiih gudang baru bedol desa......lebih serunya lagi....bubaran bioskop.pulangnya ambil jalan tembus liwat depan rumah gw,asrama polisi(ASRAMA DALEM).....satu lagi yg paling gw inget.....antri air pake gerobak......hehehehehehe.....
 
Ferro Sambuari
Selain es mang Dudung tempat tongkrongan alias bolos sekolah hehehe kenangan manis tak terlupakan. Apa lagi bakso goyang lidah wadouh rasanya sedap betul, kayanya mau kembali lg umuran belasan tahun hehehe.
 
Ambar Sari Gaul
kalo sore nongkrong di sampur , enak ya smbl makn sate kikil, pulang naik becak jalanan masih sepi hanya suara bel becak yg aku naiki saja yg terdengar sesekali...
 

Hendra Aja ya paling enak ke sampur naik becak, apalagi pas turunan jembatan kresek,wuuihh tuh becak ngebut banget ky kaga pake rem..tapi kasian kalo pas nanjak..

 Olivia Lumopa Pentury

Jd inget dulu di Priok swalayan yang paling top cuma Mini Super Enggano..... Soalnya blm menjamur swalayan2 kayak sekarang...:)
 ..........................................................
 Corry Maria
" Nyaris setiap malam tahun baru aq selalu ke Sampur..mendengarkan bunyi kapal tepat di jam 24:00 , Di mana kah Sampur skrg...???".
 .....................................................
Oetriez Koro
Taon 70-an dari Permai ampe Pool, klo naek bis kota, ade copet nyang terkenal, dialah si "GAGU", (sekali pulpen gw dia embat, gw blg jangan donk? ... die cm senyum2 doank, pulpen tetep di-embat) xixixi ... tinggal kenangan ...
 ................................................
Abraham Syah
Dulu tahun 70 an kita moda pesta dirumah, setiap malam minggu setelah Yach Club ada homeband di Kartika Bahari, sehingga tempat itu jadi pangkalan kumpul anak muda. Juga ada bioskop setara Jakarta Theatre. Yang punya memory di tempat ini ayo masuk.....
 ...................................................
Lhau Thien
Priok Tanah Air Gue, Lahir Di Rs Koja Tahun 63, Tinggal Di Dairi I, Tk Di Bhayangkari, Sd Bhayangkara, Smp 30, Sma 45 , Kuliah Di Ancol Setelah Dinas ke Beberapa Daerah Skarang Di Asrama Yon Air Semper. Yang Paling Gue Inget Sekitar Desember 1972 Terjadi Kebakaran Besar di Pertamina Korbannya Ratusan Org n Ada 2 Kapal Tidex yg Ikut Terbakar( Tuscarora n Shape Tide) Besok Paginya Sampai 2 minggu Pantai sampur Penuh Mayat Terapung ( Kebanyakan Warga kep Seribu) Anak Dairi, Dayak ,Dobo, Pantai laut, Digul, Jember, Aspol Dempo, Guba , Gang 60 Pasti Nggak Lupa Kejadian tsb.
Malam itu agak Trauma Liat Kobaran Api Yg Dasyat Di tambah Dengan Takut, Jijik,n Kasian Liat Korban Yg Tangan , Kaki n Wajah Gosong Berusaha Menyelamatkan Diri Minta dgn Ber...jalan Kaki Minta Tolong Kerumah Rumah rumah di tambah Pagi Harinya Liat Korban yg Gosong. Kalo Masih Inggat Dulu d Jl Didul Tikungan Kartika Bahari ada Restoran Asnawi n Bammboo, abis kejadian itu langsung Bangkrut kagak ada pengunjung lagi,See More
 ..................................................................
Didih Setiabudi
Banyak sekali kenangan ketika masih bertempat tinggal di sekitar Tg. Priuk, karena penggunaan Nama Sunter II itu pertama kali digunakan di Perumahan Ditjenla Departemen Perhubungan, namun sekarang nama Sunter sudah menjadi konsumsi publik,.....mengerti tidak arti dari Sunter.....artinya Sungai Terusan, mana ada di Sunter Hijau sungai atau di Sunter-sunter lainnya....
 ..............................................................
 Beneran Bukan Sayko G
Salut buat senior BAPAGESIS......Bang Toni Bidin, Bang Pase, Bang Nardi......TOP ABIISS.....!!!

..............................................

Sofian Mandrake Bapegesis== ...simpang satu. Di jalan bugis ada 6 simpang. di mulai dari simpang di jalan swadaya(dulu). salah satu biangnya kasmuri AKA engkas...kemana tuh orang ya?

 

...........................................................

Endriyo Soeprastiyo

Dulu rs koja masih angker kata orang .., critanya begini:thun 77 wktu gw bru masuk SMP 30 ada kecelakaan orang boncengan motor ketabrak truk container. Enggano wktu tu msih satu jalan dua jalur dan dpan rmah gw cuma tembok plabuhan. Gw kebe...tulan lgi nyapu2 d hlman dpan rmh jdi bantuin ngangkat korban. Yg bwa motor tngannya patah, didudukin di kursi dpan smping supir taxi yg nolongin. Yg dibonceng palanya pecah, otaknya dah kluar (gw bantuin ngangkat bagian pantat-paha atas), ada tiga orang waktu tu yg ngangkat ... eh ... pas masuk pintu belakang taxi, yg ngangkat kaki dan dada/kepala keluar mobil, jd gw ktimban 'rejeki' ngikut di taxi ma supir dan dua kurban tari (tabrak lari). Di mobil, slama prjalanan gw cma diem dan berdoa, sekali-kali nengok ke knan lihat kurban yg udah sakaratul maut (mulutnya kebuka dan megap-megap). Sampe di rs koja lngsung masuk UGD, gw sempet ditanyain jadi saksi ... dicatet ini itu ... padahal otak gue isinya cuma kebayang orang yg mau mati tadi ...(innalillahi wai innalillahi rojiun). Pas mo pulang gw baru sadar kaos dan baju gw penuh dg darah segar ...,Ini nih critanya mngenai rs kojanya ... Disamping UGD ada kamar mandi, gw jalan k arah itu, trus brhenti di depannya brhubung pntu ketutup. Ggk brapa lama, pntu kebuka, orang laki-laki keluar .., jadi gw masuk. Trus pintu gw tutup. Nah ... tiba-tiba dibalik pintu ada prempuan telanjang bulat .. putih kulitnya, tangannya satu nutupin dada, yg satu lagi, yg kanan pegang ciduk, sambil bilang "sini dek, saya bantuin" ... pas gw lagi clingukan bingung nyari tuh ciduk, ama bingung gmna cara nyuci tangan gw yg kanan kiri pnuh ma darah merah segar, mana kentel lagi! Gw lngsung merinding dan prasaan ggak karuan, cma bisa pasrah ...gw gosok tangan ja dan prempu ini yg nyiramin ... gw ggk bisa mikir dan ggk brani lihat k arah mukanya slama disiramin (smpat di awal, dan doi keliatan cantieq) .. trus gw kluar, nunduk dan dzikir ... smpet jga sdikit bilang 'makasih mbak' ,,, (ini kisah nyata, genk gw trutama yg dari TK sampe kuliah BITEL - Mas Bambang Ichsan, Tono dan Luki, yg pada gw curhatin insya Allah masih inget, juga beberapa sodara2 gw) ... Prtanyaannya 'prempu' tu sapa? apa bener .... Wallahu a'lam bisawab ...See More
 

..............................................

Chankcool Afy Bioskop Margaria,Raga Sakti,taruna,permai,lido,sindang n muncang+billyardx tmpt aye nyodok...hahahhaha...kenangan yg indah n tak terlupakan,,I Love My Self n badung2nye aye...hahahhaa...

...........................................

Ones Freeyork wew PLTU, jadi inget masa kecil sering berenang di PLTU klo libur sekolah. tp skrg dah diambil alih sm ancol

.....................................................

Eros Yadie Maen kyu-kyu , di kolong jembatan PLTU..........he....he....

..............................................

Lia Nurlianah pengalaman kebanjiran mah ga enak banget, jangan di tulis bang admin, mesake pisaan ;(

.............................................

Asep Nurdiansyah Sampur#jl dobo..kenangan masa kecil gw tuh nyokap gw sering ngajak kesampur(skrg jd utc 3) tiap bis ziarah ke mkam kake gw dikober yg skrg jd utc 1..

..........................................
Ciri khas makanan anak priok apaan ya?
 .........TO BE CONTINUED
 

Welcome.....!

Recent Videos

49 views - 0 comments
217 views - 1 comment